Home » » Keunggulan dan kekurangan Prosesor Intel dan Prosesor AMD

Keunggulan dan kekurangan Prosesor Intel dan Prosesor AMD

Keunggulan dan kekurangan Prosesor Intel dan Prosesor AMD :
  1. Set instruksi pada Intel adalah MMX, SSE,SSE2, dan SSE3, tetapi pada AMD SSE2 dan 3DNow. 
  2. Tetapi dari sekian banyak istruksi yang dipakai oleh intel sebetulnya telah ada dalam 3DNow-nya AMD yang tidak dimiliki oleh Intel. 
  3. L1 pada Intel maksimal 32K, sedang pada AMD adalah 128K. Bedasarkan beberapa test AMD dengan L1 128K lebih unggul dibanding dengan Intel. 
  4. Banyak transistor pada Intel 100 milyar sedang AMD 105 milyar. 
  5. Banyaknya Decoder, Integer, FP pada intel lebih sedikit dibanding AMD yang secara signifikan perbedaan tersebut meningkatan kinerja dari AMD. 
  6. Temperatur pada Intel dapat diatur oleh processornya sendiri (processor akan mengurangi kecepatan jika processor terlalu panas), pada AMD64 temperatur maksimum adalah 900C. 
  7. Teknologi Intel lebih unggul dibanding AMD. AMD lebih unggul dalam pengolahan komunikasi aplikasi, seperti transfer data pada modem, ADSL, MP3, dan Doubly Digital Suround Sound. 
  8. Pipeline pada intel lebih panjang dibanding dengan AMD, tetapi pipeline Intel bermasalah pada pertukaran tugas, sehingga pipeline intel kecepatannya melambat berada dibawah AMD. 
  9. Intel menang di brand image dan marketnya, sedangkan AMD harganya yang lebih murah. Pada prosesor Intel Pentium 4 harga standard, kinerjanya lumanyan cepat. Memang sih, untuk urusan grafis masshi kalah dibanding dengan AMD, tapi paling tidak prosesor Intel tidak cepat panas. 
  10. Pada prosesor AMD Athlon harga agak murah dibanding Intel. Grafis bagus banget, kecepatannya lumayan, tapi cepet banget panas dibandingkan Intel.

Perbandingan dan Kecepatan Prosesor Intel dan Prosesor AMD :

Dari segi penggunaanya, perangkat keras yaitu prosesor ini bagian penting dari komputer yang berfungsi sebagai inti dari kinerja komputer ini sendiri dimana semakin besar memori dan semakin banyak prosesornya semakin cepat juga kinerja yang di hasilkan oleh prosesor itu sendiri.
Prosesor yang cepat dapat kita lihat dari core (inti prosesor) semakin banyak core yang digunkan pada prosesor semakin cepat juga kinerja komputer yang kita gunakan. Mengapa demikian, karena prosesor bekerja didalam aplikasi-aplikasi program atau game yang kita pakai semakin banyak aplikasi yang kita jalankan semakin banyak juga prosesor kita gunakan. 

Kesimpulan sebagai berikut :

Untuk menggunakan prosesor Intel anda harus mengeluarkan banyak biaya apalagi dengan performanya tinggi yang di hasilkan oleh prosesor Intel yaitu Intel i7 dibandingkan dengan prosesor AMD anda tidak akan mengeluarkan banyak biaya dan performanya juga lumanyan bagus. Oleh karena itu untuk anda yang biayanya pas-pasan pilihlah prosesor AMD tapi kalau biaya yang anda punya lebih silahkan anda memilih prosesor Intel. Prosesor Intel dan Prosesor AMD telah di uji performannya ternyata prosesor intel lah yang kuat dalam hal apapun sedangkan prosesor AMD hanyalah pilihan kedua anda. Prosesor Intel lebih kuat dari porsesor AMD pada aplikasi multimedia, sebaliknya prosesor AMD menang dari prosesor Intel di gaming dan program 3D nya.
Ternyata AMD memiliki fitur smart detecting contohnya ketika kita melakukan multi tasking maka AMD akan mendeteksi mana yang sedang kita gunakan, dari situ AMD akan memfokuskan kepada aplikasi yang kita gunakan sedangkan sisanyadi buat sleep sementara INTEL lebih fokus kepada kecepatan sehingga inilah yang meyebabkan INTEL lebih cepat panas di bandingkan AMD.

Bahkan kabar terbaru sekarang ini :

Intel memiliki fitur INTEL MATRIX STORAGE ini fungsinya untuk memaksimalkan kerja procesor dan membantu dalam managemen memori Walaupun AMD kalah dalam berbagai test Benchmark tapi sebagaian besar para gamer memilih AMD sebagai prosesor untuk komputernya 
Mengenai socket motherboard, jika AMD mengeluarkan socket tipe terbaru maka socket yang tipe yang sebelumnya sudah tidak akan ada di pasaran(dis-continued), berbanding terbalik dengan intel walaupun tipe lama pasti masih di support bahkan di perbarui

0 komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer :